Tim sepak bola nasional Uruguay



Team sepak bola nasional Uruguay ( Spanyol : Selección de fútbol de Uruguay ) sebagai wakil Uruguay di sepakbola internasional , serta dikontrol oleh Perkumpulan Sepakbola Uruguay , tubuh pengontrol sepak bola di Uruguay. Pelatih kepala sekarang ini ialah Óscar Tabárez. Team Uruguay biasanya dikatakan sebagai La Celeste (The Sky Blue). Mereka sudah memenangi Copa América 15 kali, timnas paling sukses di kompetisi ini, gelar paling baru ialah edisi 2011. Team sudah memenangi Piala Dunia FIFAdua kali, termasuk juga Piala Dunia pertama di tahun 1930 untuk tuan-rumah, menaklukkan Argentina 4-2 di final. Mereka memenangi gelar ke-2 mereka di tahun 1950 , melayani tuan-rumah Brasil 2-1 di laga paling akhir , yang terima kedatangan semakin tinggi dari laga sepak bola mana juga awalnya.
Mereka sudah memenangi medali Emas di kompetisi sepak bola Olimpiade 2x, di tahun 1924 serta 1928 , yang dipandang sama dengan Piala Dunia, termasuk juga oleh FIFA. [7] [8] Uruguay memenangi Mundialito 1980 , satu kompetisi antara bekas juara Piala Dunia. Dengan cara keseluruhan, Uruguay sudah memenangi 20 gelar sah, rekor dunia untuk gelar paling internasional yang digenggam oleh negara mana juga.

Kesuksesan mereka diperkokoh oleh bukti jika negara ini mempunyai populasi yang benar-benar kecil seputar 3,4 juta jiwa (2011 est.). Uruguay selama ini adalah negara paling kecil di dunia yang sudah memenangi Piala Dunia dalam soal jumlah masyarakat, 1,75 juta jiwa di tahun 1930. Negara paling kecil ke-2, berdasar jumlah masyarakat, yang memenangi Piala Dunia ialah Argentina dengan populasi nyaris 28 juta orang di tahun 1978. Uruguay adalah negara paling kecil yang sempat memenangi medali Piala Dunia; cuma enam negara anggota FIFA dengan populasi yang sekarang ini semakin kecil dibanding Uruguay yang sempat maju ke Piala Dunia: Irlandia Utara (tiga kali), Slovenia (dua kali), Wales , Jamaika ,Trinidad serta Tobago serta Islandia.

Di tahun 1901, Uruguay bermain menantang Argentina dalam laga pertama mereka, satu kontes dekat dimenangi oleh Argentina 3-2. Sebelum 1916, Uruguay mainkan lebih dari pada 30 laga, yang semua terkecuali satu menantang Argentina. The pertama Copa America disiapkan Uruguay dengan oposisi semakin beragam. Kemenangan atas Chili serta Brasil , dengan dasi menantang Argentina, sangat mungkin Uruguay untuk memenangi kompetisi. Tahun selanjutnya Uruguay jadi tuan-rumah pertandingan, serta menjaga gelar dengan memenangi tiap laga. The 1919 Copa América lihat kekalahan pertama Uruguay di kompetisi, kekalahan 1-0 di playoff dengan Brasil yang ke dua periode waktu penambahan, laga Copa América terpanjang dalam riwayat. [rujukan? ]

Di tahun 1924, team Uruguay lakukan perjalanan ke Paris menjadi team Amerika Selatan pertama yang berkompetisi di Olimpiade - kompetisi sepak bola ini ialah yang pertama disadari oleh FIFA untuk kejuaraan dunia. [7] [8] Tidak sama dengan style fisik team-team Eropa pada jaman itu, Uruguay mainkan style berdasar umpan pendek, [9] serta memenangi tiap laga, menaklukkan Swiss 3-0 dalam laga medali emas. Dalam Olimpiade Musim Panas 1928 , Uruguay ke Amsterdam untuk menjaga gelar mereka, satu kali lagi memenangi medali emas sesudah menaklukkan Argentina 2-1 dalam ulangan final (laga pertama ialah seri sesudah waktu perpanjangan). FIFAmemikul tanggung jawab organisasi Laga Sepak Bola untuk dimainkan oleh ketentuan FIFA serta kompetisi disadari untuk Kejuaraan Dunia. [7] [8] Itu cuma berlangsung 2x (Olimpiade Musim Panas 1924/1928) sampai terbentuknya Kejuaraan Dunia FIFA, Piala Dunia FIFA , di tahun 1930.

Sesudah kemenangan Olimpiade ganda, Uruguay dipilih untuk negara tuan-rumah untuk Piala Dunia pertama , yang diselenggarakan di tahun 1930, seratus tahun konstitusi pertama Uruguay. Semasa Piala Dunia, Uruguay memenangi semua kompetisinya, serta mengganti defisit set pertama 1-2 jadi kemenangan 4-2 menantang Argentina di Estadio Centenario. Sebab penampikan beberapa team Eropa untuk berperan serta dalam Piala Dunia pertama, Perkumpulan Sepakbola Uruguay menekan beberapa negara lain untuk membalas dengan boikot Piala Dunia 1934 yang dimainkan di Italia. Untuk Piala Dunia 1938, Prancis diambil untuk tuan-rumah, berlawanan dengan kesepakatan awalnya untuk mengubah kejuaraan di antara Amerika Selatan serta Eropa, hingga Uruguay kembali lagi menampik untuk berperan serta.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola nasional Venezuela

Tim sepak bola nasional Paraguay

Tim sepak bola nasional Ekuador